Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On
Tidak pernah semudah ini bagi orang untuk memberi tahu kami tentang diri mereka di internet. Hanya dengan pencarian Google cepat, kita dapat belajar banyak tentang seseorang dan apa yang dia sukai.

Penting untuk dicatat bahwa personal brand dan profesionalisme pada dasarnya adalah hal yang sama. Keduanya mengarah pada pengembangan profesional dan membuat nama untuk diri sendiri. Namun, hal-hal yang dapat dicapai dengan mengembangkan personal brand dan profesional tidak terjadi dalam semalam. Bahkan, dalam membangun personal brand membutuhkan banyak konten, distribusi, waktu, tenaga, dan dedikasi.


Apa itu Personal Brand?

Jangan salah paham ketika Anda mendengar frasa "personal brand.” Saya tidak mengatakan Anda harus mencoba menjadi terkenal di Instagram atau Anda perlu memulai channel YouTube. Ya, influencer Instagram dan YouTube benar-benar memiliki personal brand mereka sendiri, tetapi konsepnya mengambil bentuk yang berbeda dalam pengaturan profesional. Di tempat kerja, personal brand adalah tentang menunjukkan diri Anda sebagai pemimpin industri dan berbagi keahlian yang Anda peroleh melalui pengalaman kehidupan nyata Anda. Personal branding dapat membantu Anda mengunci pertunjukan berbicara yang didambakan, wawancara podcast, dan peluang posting tamu di publikasi yang akan sangat sulit untuk mendarat sebaliknya. 

Apa Tujuan Membangun Personal Brand Anda di Tempat Kerja?

Tanpa tujuan yang terukur, impian Anda hanyalah impian, betul gak? Ketika Anda menetapkan tujuan Anda, pikirkan dulu apa yang ingin Anda keluarkan dari personal brand Anda. Setelah mengetahui hasil akhir yang Anda cari, Anda dapat mulai memetakan cara untuk sampai ke sana. Mendedikasikan waktu untuk membangun personal brand Anda dapat membantu Anda untuk:
  • Komunikasikan pengetahuan dan keahlian industri Anda
  • Posisikan diri Anda sebagai seseorang yang selalu hadir dalam setiap kondisi.
  • Dapatkan transparansi, kesukaan, dan peluang untuk membangun kepercayaan lebih besar dengan audiens Anda 
  • Raih engagements
  • Amankan kolom dalam publikasi berharga yang dibaca audiens Anda
  • Dapatkan validasi pihak ketiga melalui artikel kontribusi tamu yang dipublikasikan di publikasi eksternal  
  • Milikilah dan pimpin pembicaraan pada bidang dan topik industri tertentu
  • Menjadi nama rumah tangga di ceruk pasar Anda

Jenis Konten Apa Yang Akan Membantu Membangun Merek Pribadi?

Sekarang setelah Anda memiliki kesimpulan, saatnya untuk berpikir tentang apa yang sebenarnya perlu Anda lakukan untuk membuat bola bergulir. Anda mungkin orang yang paling karismatik, ramah, menarik, tetapi jika orang yang tidak tahu tentang Anda tidak dapat menemukan Anda di internet, tidak ada yang penting bagi personal brand Anda.

Untuk membantu memberikan nilai lebih pada apa yang Anda lakukan, Anda akan membutuhkan konten. Berikut adalah jenis konten yang harus Anda buat untuk menumbuhkan personal branding Anda:
  • Posting blog. Sebuah blog yang berkembang sarat dengan konten yang relevan dan menarik adalah pokok untuk merek pribadi Anda. Ini memperkuat situs web Anda untuk keperluan SEO dan juga berfungsi sebagai platform untuk semua topik yang Anda ingin ajarkan kepada audiens Anda. Ini adalah toko kepemimpinan satu atap yang akan membuat pembaca sadar, "Wow - orang ini benar-benar tahu barang-barangnya!"  
  • Berkontribusi menjadi penulis tamu.  Berkontribusi pada publikasi online yang dapat menyebarkan pengetahuan Anda kepada audiens yang lebih luas membantu membangun kepercayaan dan memperkenalkan merek pribadi Anda kepada pembaca baru yang belum pernah mendengar tentang Anda.
  • Posting media sosial.  Menunjukkan bahwa Anda adalah seorang ahli sejati di bidang Anda melalui konten berkualitas adalah cara yang pasti untuk membangun pengikut sosial. Berbagi pemikiran dan ide yang Anda sukai di  media sosial (dan juga orang lain di ruang Anda yang Anda percayai dan hormati)  memberikan aspek memanusiakan untuk personal brand Anda. Penting juga untuk membuat lebih banyak orang melihat konten yang Anda buat.  
  • Pers menyebutkan.  Semakin banyak konten berkualitas yang Anda distribusikan, semakin banyak pemimpin lain di industri Anda yang akan memperhatikan. Menjadi pemimpin pemikiran dengan personal brand yang kuat dapat membantu Anda mendapatkan peluang PR, kutipan, dan pers dalam konten yang dibuat oleh pemimpin pemikiran lain dalam publikasi industri terkemuka, sehingga menawarkan Anda validasi pihak ketiga yang hebat.  
  • Jurnal.  Membuat konten bentuk panjang yang menyelam lebih dalam ke dalam subjek yang menarik minat audiens Anda adalah cara lain untuk membakar merek pribadi Anda. Jenis konten mendalam ini menunjukkan kepada pembaca bahwa Anda tidak hanya tahu apa yang Anda bicarakan, tetapi Anda juga memiliki lebih banyak pengetahuan daripada sebagian besar subjek.

Kunci Personal Brand Anda: Keaslian

Pendekatan marketing yang lebih baik dan kurang invasif adalah melalui konten yang berasal dari orang sungguhan. Kami mendambakan koneksi manusia dan akan membiarkan emosi menentukan tindakan kami bahkan pembelian kami. Membangun personal brand Anda melalui konten dapat menciptakan peluang luar biasa bagi Anda untuk benar-benar terhubung dengan audiens Anda dengan cara khusus. Tetapi  keaslian  adalah kuncinya. 

Berikut ini beberapa kiat untuk menyampaikan keaslian online:
  • Jangan spam.  Meniup klakson Anda sendiri tidak akan membantu Anda dipublikasikan secara online, dan konten semacam itu juga tidak menyenangkan untuk dibaca. Peran Anda sebagai pemimpin pemikiran sederhana: mendidik, berbagi wawasan, dan memberikan nilai.
  • Bersikaplah konsisten.  Membangun merek pribadi Anda membutuhkan waktu. Anda tidak dapat mengharapkan anggota audiens mempercayai Anda dalam semalam - Anda harus menunjukkan kepada mereka bahwa Anda adalah sumber nilai yang stabil bagi mereka dan bahwa Anda secara konsisten membuat konten yang diterbitkan.  
  • Terlibat dalam percakapan.  Kehadiran online Anda tidak ada artinya jika Anda memposting satu kali dan tidak pernah menanggapi siapa pun. Jika seseorang mencoba terlibat dalam percakapan tentang topik Anda dengan Anda, jalankan dengan itu! Itu disebut komunitas online karena suatu alasan.  

Demikian artikel tentang bagaimana konten marketing membantu dalam membangun personal brand. Selanjutnya tentang konten seperti apa yang seharusnya Anda tulis? Simak di postngan Konten Yang Seharusnya Anda Tulis Untuk Membangun Personal Brand sekarang.

Click to comment