Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On
Tidak ada konsumen yang akan mencoba produk atau layanan Anda, lalu menjadi pelanggan setia, apalagi memberi tahu teman dan keluarga mereka tentang produk atau jasa Anda jika Anda tidak dapat membangun kredibilitas brand, setidaknya melalui mata mereka.

Inilah sebabnya mengapa dengan kualitas produk atau layanan (dan beberapa bahkan mungkin mengatakan lebih dari dua faktor ini), kredibilitas brand menjadi faktor utama keberhasilan atau kegagalan dalam pemasaran. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research menemukan bahwa kredibilitas merek terdiri dari dua dimensi, yaitu kepercayaan dan keahlian.


Anda mungkin berpikir bahwa platform digital membuat konsumen lebih mudah diakses sehingga memudahkan membangun kredibilitas brand. Namun dengan itu malah akan membuat lebih banyak kompetitor untuk menarik perhatian orang-orang.

Platform digital dapat menjadi sebuah alat yang efektif bagi brand Anda untuk membangun hubungan konsumen dan membangun kredibilitas. Brand perlu mendapatkan kepercayaan konsumen dan sekaligus menjadi top of mind.

Sebuah survei tahun 2016 oleh Forbes Insights menunjukkan bahwa 82% konsumen melakukan riset secara online tentang suatu produk atau layanan sebelum melakukan pembelian, konsumsi, atau penggunaan. Konsumen mencari semua informasi yang tersedia di internet tentang produk atau layanan: detail produk, instruksi, rekomendasi ahli, dan ulasan pengguna.


Ini berarti bahwa dengan konten yang relevan, menarik dan lebih baik, unik, Anda bisa selangkah lebih dekat ke arah tujuan menjadi top of mind. Pendekatan melalui konten berkualitas tinggi dan relevan disebut pemasaran konten atau content marketing.

Nielsen Global Trust in Advertising Report terbaru menemukan bahwa 70% responden global mempercayai informasi di situs web bermerek. Mereka juga cenderung mengambil tindakan setelah mengonsumsi konten tersebut, apakah melakukan pembelian, atau berbagi informasi tentang produk atau layanan kepada teman atau keluarga yang membutuhkannya.

Dalam survei yang sama, 83% konsumen mengungkapkan bahwa mereka mempercayai rekomendasi rekan untuk membantu pengambilan keputusan mereka. Rekomendasi dari orang yang mereka kenal, seperti keluarga, teman, dan tokoh berpengaruh di media sosial, juga dinilai sebagai sumber informasi tepercaya.

Fenomena psikologis ini dikenal sebagai bukti sosial; ketika persepsi seseorang tentang perilaku sosial yang benar dipengaruhi oleh orang lain. Membangun kredibilitasnya melalui bukti sosial menjadi taktik untuk sebuah brand.

Pemasaran konten adalah cara paling efektif dan tepat untuk mendukung bukti sosial. Menggunakan konten seperti pendapat ahli, ulasan pengguna, testimonial, konten berbasis rekan yang mendorong umpan balik dari keluarga dan teman-teman audiens target, konten berbasis kerumunan seperti streaming langsung orang-orang yang antri untuk peluncuran produk, dan dukungan selebriti.

Saat diintegrasikan ke dalam fenomena bukti sosial dalam pemasaran, Anda dapat membangun kepercayaan audiens untuk brand Anda. Pada gilirannya, audiens Anda akan memengaruhi orang lain dengan pendapat pribadi mereka tentang brand Anda melalui konten yang mereka bagikan di media sosial.

Untuk menghasilkan konten yang sangat relevan dan menarik yang akan membantu audiens Anda lebih mempercayai Anda, bekerja sama dengan pencipta ahli konten berkualitas tinggi. Kunjungi Markas Internet Marketing sekarang untuk mempelajari lebih mendalam tentang pemasaran berbasis konten.

Click to comment