Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On
Video marketing adalah pendekatan yang semakin populer di antara brand dan agensi karena efektivitasnya yang dirasakan. Era digital telah mendorong merek untuk lebih bermain-main dengan kampanye pemasaran, memberi mereka berbagai pilihan ketika datang ke konten.

Pada era digital, terutama di tengah maraknya content marketing dan konten yang bersponsor, format terus berkembang dalam keragaman, termasuk teks, infografis, dan konten interaktif.

Dengan semakin banyak pemirsa memilih layar yang lebih kecil untuk mengonsumsi hal dibanding melalui televisi, orang-orang juga semakin mencari video untuk berbicara tentang brand, produk, atau layanan mereka. Di sebagian besar pasar, waktu yang dihabiskan untuk ponsel sekarang lebih lama dari yang dihabiskan di televisi.

Bagaimana  cara melakukan video marketing? Dan apa keuntungannya?


Video marketing terutama tentang mempromosikan merek, dan barang dan/atau layanan mereka, melalui video. Kampanye pemasaran yang meyakinkan idealnya memiliki setidaknya satu atau lebih dari materi kampanye dalam format video, baik sebagai testimoni pelanggan, liputan acara, video bagaimana-cara, penjelas, produksi perusahaan, atau klip menghibur.

Angka-angka dari Hubspot ini memberi Anda petunjuk mengapa pemasar mencari video:
  • Pada 2019, video diharapkan dapat menangkap 80% dari semua lalu lintas web
  • Video dapat meningkatkan rasio klik-tayang email hingga 300%
  • Menanamkan video pada halaman arahan meningkatkan konversi hingga 80%
  • Setidaknya 90% konsumen mengakui bahwa video memengaruhi keputusan mereka untuk berbelanja
  • YouTube mengatakan konsumsi video seluler meningkat dua kali lipat setiap tahun
  • Pada 2017, kunjungan ke situs pemasaran video mencapai 69%
  • Klik di sini untuk bekerja dengan videografer Asia Tenggara

Funnelbox.com mengidentifikasi empat lapisan dalam pemasaran video:

1. Strategi

Semua kampanye pemasaran harus dimulai dengan strategi pemasaran yang kuat. Untuk video, Anda harus memiliki gagasan yang jelas mengenai siapa yang akan Anda targetkan dan tindakan apa yang Anda inginkan dari mereka. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini memberikan arahan kreatif dan juga menentukan keputusan distribusi dan optimisasi.

2. Produksi

Produksi dapat dibagi menjadi tiga tahap:

Selama pra-produksi, ide-ide kreatif dibangun, biasanya dalam bentuk naskah atau storyboard. Anda juga perlu memetakan detail penting seperti lokasi pemotretan, bakat yang akan terlibat, hingga ke titik-titik kecil seperti apa yang akan dikenakan oleh bakat tersebut.

Produksi melibatkan proses pembuatan film berdasarkan keputusan yang dibuat selama pra-produksi. Itu tidak berarti bahwa semuanya akan berjalan sesuai rencana, namun, dengan perubahan sering dilakukan di tempat pada elemen seperti pencahayaan atau framing.

Pasca produksi adalah tahap terakhir, di mana video disiapkan untuk distribusi. Grafik, sulih suara, dan efek khusus ditambahkan selama fase ini. Tim produksi kemudian melakukan penyesuaian berdasarkan umpan balik klien sebelum video final diberikan.

3. Distribusi

Tidak peduli seberapa bagus video itu, semua upaya akan sia-sia tanpa rencana distribusi yang baik. Strategi distribusi Anda akan menentukan seberapa populer video Anda dan seberapa efektif biaya untuk membuat sebanyak mungkin orang menontonnya. Berikut beberapa pertanyaan yang perlu Anda pertimbangkan:
  • Haruskah Anda mempromosikannya melalui media sosial? Jika demikian, platform mana?
  • Apakah Anda perlu membayar untuk mendapatkan lebih banyak pemirsa?
  • Akankah kinerjanya lebih baik secara online atau pada saluran tradisional?

4. Optimasi

Salah satu hal yang terus kami ulangi di adalah kebutuhan Anda untuk memantau kinerja setiap kegiatan pemasaran. Tetapkan tujuan untuk kampanye, secara teratur periksa bagaimana Anda berani dalam hal tujuan-tujuan itu, dan buat penyesuaian ketika dibutuhkan.

Tidak ada panduan satu ukuran untuk semua yang berhasil dalam video marketing, tetapi selama Anda tahu apa yang ingin Anda capai dan Anda bersedia bereksperimen tentang cara terbaik untuk sampai ke sana, Anda bisa mengejar kesuksesan Anda sendiri. Mulailah hari ini, dan jika Anda berminat membuat konten berupa video marketing, Anda bisa menghubungi Brilliant Production sekarang.

Click to comment