-->

Type something and hit enter

On
Jasa Pengujian & Analisis FTIR
Jasa Pengujian & Analisis FTIR

Dalam dekade terakhir, FT-IR (Fourier Transmission Infrared) spektroskopi telah terbukti menjadi teknik yang kuat untuk mempelajari makromolekul maupun ikatan gugus fungsi senyawa suatu material. FT-IR spektroskopi adalah bentuk spektroskopi dari vibrasi yang mampu mencerminkan baik struktur molekul dan lingkungan molekuler. Spektroskopi IR saat ini ditingkatkan dengan penggunaan komponen baru seperti interferometer yang dibekali dengan aplikasi transformasi matematis, algoritma Fast Fourier Transform yang memungkinkan deteksi simultan semua energi yang ditransmisikan. Keuntungan dari spektroskopi FT-IR adalah bahwa metode ini dapat diterapkan pada bubuk, material dehidrasi, atau sampel berair.

Gambar 1. Instrumen FTIR
Dalam teknik ini, sampel diradiasi dengan inframerah dari sumber infra merah, kemudian penyerapan radiasi yang terjadi menstimulasi gerakan yang berupa getaran molekul dengan menyimpan quanta energi ke mode vibrasi. Oleh karena itu, ketika sebuah molekul terkena radiasi yang dihasilkan oleh emisi panas dari sumber panas (sumber energi IR), maka akan terjadi proses penyerapan radiasi pada frekuensi yang sesuai dengan vibrasi molekulernya di wilayah spektrum elektromagnetik antara terlihat (merah) dan gelombang pendek (gelombang mikro). Perubahan-perubahan dalam gerak vibrasi ini menghasilkan pita-pita dalam spektrum vibrasi yang setiap band spektralnya ditandai oleh frekuensi dan amplitudonya.

Gambar 2. Prinsip Kerja FTIR
FTIR adalah teknik vibrasi yang banyak digunakan untuk karakterisasi bahan kimia pada tingkat molekuler. Pada transisi inframerah aktif, momen dipol listrik dari kelompok fungsional atau disebut gugus fungsi senyawa akan mengalami vibrasi ketika berinteraksi dengan sinar inframerah yang melaluinya. Absorpsi radiasi inframerah gugus fungsional yang berbeda dalam sampel diplot sebagai fungsi panjang gelombang, dan biasanya disajikan dalam bentuk satuan bilangan gelombang atau cm-1. Adapun metode yang paling umum digunakan dalam melakukan karakterisasi menggunakan FTIR adalah metode transmisi. Metode transmisi ini bergantung pada absorpsi radiasi inframerah saat melewati sampel. Metode transmisi ini disiapkan dengan cara mencampurkan sampel uji dengan potassium bromide (KBr) kemudian dipelet hingga membentuk lapisan tipis.

Kami menyediakan Jasa Pengujian dan Analisis FTIR di Mamuju dan sekitarnya untuk berbagai bidang mulai dari project penelitian untuk pemerintahan, Universitas, Non-Goverment Organization (NGO), serta apapun itu yang berkaitan dengan pengujian dan analisis data FTIR. Serta bagi kalian yang sedang melakukan penelitian lapangan, skripsi, tesis, dan sebagainya). Jasa pengujian dan analisis data FTIR ini digunakan untuk keperluan karakterisasi sampel atau material untuk dapat mengetahui karakteristik ikatan gugus fungsi senyawa suatu material yang direpresentasikan dalam bentuk transmitansi maupun absorbansi terhadap bilangan gelombang (wavenumber).

Adapun instrumen FTIR yang digunakan adalah tipe Nicolet iS10 Thermo Scientific dengan menggunakan software analyzer OMNIC 9. Berikut tahapan yang harus dilakukan oleh klien untuk menggunakan jasa pengujian dan analisis kami adalah sebagai berikut:
  1. Klien menyiapkan sampel penelitian minimal sebanyak 5 gr (satu bangkus plastik cetik ukuran paling kecil)
  2. Klien memberikan history sampel yang akan di analisis, hal ini bertujuan untuk mempermudah proses analisis sampel uji.

Sementara data-data yang akan diperoleh klien setelah menggunakan jasa pengujian dan analisis kami adalah sebagai berikut:
  1. Informasi terbentuknya puncak (peak) yang direpresentasikan pada hubungan antara wavenumber atau bilangan gelombang (cm-1) dengan transmitansi maupun absorbansi melalui wilayah penyerapan maupun transmisi sinar infrared yang diradiasikan pada sampel uji.
  2. Plot grafik hubungan antara transmitansi maupun absorbansi dengan wavenumber yang dilihat dari peak yang terbentuk menggunakan software Origin Pro.
Berikut adalah hasil analisis data FTIR yang telah kami hasilkan:
Gambar 3. Plot Hasil Analisis FTIR Nanopartikel Alpha-Fe2O3
Gambar 4. Plot Hasil Analisis FTIR GO dan rGO
Gambar 5. Plot Hasil Analisis FTIR Komposit Geopolimer-rGO

Pesan Jasa Pengujian & Analisis FTIR
082349244339 (WhatsApp)


Untuk harga jasa Pengujian dan Analisis Data FTIR yang kami tawarkan adalah Rp. 250.000 per sampel uji sudah termasuk proses preparasi sampel beserta pengambilan dokumentasinya

Untuk proses negosiasi, mari kita bicarakan di WhatsApp biar lebih mesra.

Adapun proses pembayaran jasa analisis FTIR ini, kami menerima pembayaran melalui proses transfer bank BNI dan BRI. Jika sudah ada kesepakatan soal harga antara pemberi jasa dan klien, maka pembayaran dilakukan bersamaan dengan pengiriman sampel yang akan diuji dan dianalisis.

Pemesanan ini pun bukan hanya berlaku di daerah Mamuju saja, kami juga melayani wilayah di luar Mamuju seperti Majene, Mamasa, Mamuju Tengah, Mamuju Utara, dan Polewali Mandar atau Polman. Yang pastinya kami melayani seluruh pemesanan di Provinsi Sulawesi Barat.

Jika ada kesalahan atau hasil analisis berbeda dari yang diharapkan, kami menerima revisi sebanyak 3 kali secara gratis. Pengiriman hasil analisis data FTIR nantinya bisa melalui jasa pengiriman (hard file) ataupun email (soft file). Jadi, buat kalian yang butuh Jasa Pengujian dan Analisis Data FTIR di Mamuju, silahkan langsung menghubungi kotak yang tertera di atas terima kasih.

Click to comment