Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On
Jasa Analisis Data XRD
Jasa Analisis Data XRD

Sinar X adalah gelombang elektromagnetik pendek berskala nanometer dan memiliki energi yang sangat tinggi. Percobaan difraksi membutuhkan panjang gelombang sinar-x dari urutan jarak interatomik yang terdapat dalam sampel uji untuk menghasilkan gangguan yang berupa peristiwa difraksi. Radiasi sinar X yang paling umum digunakan di laboratorium adalah radiasi CuKa dengan panjang gelombang 1.5042 Å berada di antara panjang gelombang sinar gama (γ) dan sinar ultraviolet (UV). Difraksi sinar-X adalah salah satu teknik yang digunakan dalam menganalisi sampel yang berupa kristalin padatan. Sinar-X dihasilkan jika elektron berkecepatan tinggi menumbuk sebuah logam target (gambar 1):

Gambar 1. Proses terjadinya Sinar X

Elektron berkecepatan tinggi ditembakkan ke arah elektron yang terdapat pada orbital 1s akan menyebabkan peristiwa eksitasi elektron dan mengakibatkan terjadinya kekosongan elektron pada orbital 1s tersebut. Dengan adanya pengisian elektron pada orbital kosong tersebut dari orbital yang memiliki energi yang lebih tinggi, maka akan menghasilkan pancaran sinar X.

Difraksi sinar X telah bertindak sebagai landasan sains sejak abad kedua puluh. Perkembangannya telah mempecepat perkembangan ilmu pengetahuan sains khususnya zat padat dan memberikan jalur untuk mengetahui tentang ikatan kimia pada suatu material. Difraksi sinar X powder memiliki penaran yang sangat penting dalam penelitian dan pengembangan ilmu bahan/material karena banyak bahan maupun mineral tidak tersedia dalam bentuk kristal tunggal. Berdasarkan informasi dari Crystal Impact bahwa, banyak data COD (crystalographic open database) XRD powder yang telah tersedia hingga awal tahun 2019 ini yaitu sebanyak 402787 total entries yang terintegrasi dengan Powder Difraction File (PDF) sekarang disebut dengan ICDD.  (International Center of Diffraction Data).

Kami menyediakan Jasa Analisis Data XRD di Jambi dan sekitarnya untuk berbagai bidang mulai dari project penelitian untuk pemerintahan, Universitas, Non-Goverment Organization (NGO), serta apapun itu yang berkaitan dengan analisis data XRD. Serta bagi kalian yang sedang melakukan penelitian lapangan, skripsi, tesis, dan sebagainya. Jasa analisis data XRD ini digunakan untuk keperluan karakterisasi sampel atau material guna mengetahui karakteristik mikrostruktural yang dimilikinya seperti identifikasi fasa senyawa, identifikasi persentase fasa kristalin, ukuran kristal, penghalusan Rietveld serta struktur kristal yang terdiri dari parameter kisi, space grup dari suatu material. Jasa analisis data XRD ini meliputi analisis secara kualitatif menggunakan Match! 3 dengan plotting pola XRD menggunakan Origin 2019, analisis secara kuantitatif (Rietveld Refinement) menggunakan FullProf dan MAUD, serta pemodelan atau visualisasi struktur kristal menggunakan Diamond 4. 

Adapun tahapan yang harus dilakukan oleh klien untuk menggunakan jasa analisis kami adalah sebagai berikut:
  1. Klien memberikan gambaran umum mengenai history sampel yang digunakan dalam selama proses penelitian dan memberikan gambaran fase senyawa apa yang diharapkan muncul dalam hasil sintesis material yang dilakukan. Hal ini dilakukan guna untuk mempermudah analis dalam proses search and match atau identifikasi fase dari data XRD hasil penelitian klien.
  2. Klien melampirkan data hasil uji XRD dalam ekstensi .rd. Apabila ekstensi yang dihasilkan berbeda, maka setidaknya memiliki data excel ataupun ekstensi output file dari hasil analisis mesin XRD yang digunakan.
  3. Jika klien hendak menggunakan pengujian XRD, maka sampel sebaiknya dipacking sangat rapih dalam bentuk serbuk sebelum dikirimkan 

Adapaun harga jasa Analisis Data XRD ini bergantung pada tingkat kesulitan dan output data yang klien inginkan. Berikut adalah daftar harga yang kami tawarkan:
  1. Analisis data secara kualitatif (tanpa pengujian XRD) Rp. 150.000 - 250.000 per sampel.
  2. Analisis data secara kualitatif (dengan pengujian XRD) Rp. 450.000 per sampel.
  3. Analisis data secara kuatitatif (Rietveld refinement) (tanpa pengujian XRD) Rp. 200.000 - 350.000 per sampel
  4. Analisis data secara kuatitatif (Rietveld refinement) (dengan pengujian XRD) Rp. 400.000 - 550.000 per sampel
  5. Pemodelan Struktur Kristal Rp. 50.000 per sampel.

Berikut adalah informasi yang dapat diperoleh klien dari hasil analisis XRD kami bergantung pada jenis analisis yang diinginkan:
  1. Hasil identifikasi senyawa atau fase kristalin yang terdapat dalam sampel uji.
  2. Persentase fasa kristal dalam mineral alam maupun sampel hasil sintesis.
  3. Identifikasi struktur kristal (bentuk geometri (space group) unit sel kristal, parameter kisi kristal) suatu unsur ataupun senyawa yang ada dalam mineral ataupun sampel yang disintesis
  4. Rata-rata distribusi ukuran kristal dari beberapa puncak (peak) XRD yang teridentifikasi dari hasil difraktogram sampel uji.
  5. Parameter-parameter hasil Rietveld refinement yang meliputi, Rp, Rwp, Rexp, Chi^2, parameter kisi, densitas, Wyckoff, APF (Atomic Packing Factor), dan lain-lain.
*Untuk proses negosiasi, mari kita bicarakan di WhatsApp biar lebih mesra.

Berikut adalah beberapa contoh hasil analisis yang telah kami lakukan mulai dari analisis kualitatif dan pemodelan struktur kristal:

Hasil Analisis XRD Sampel Uji yang Telah Dihasilkan
Gambar 2. Hasil Analisis XRD untuk Sampel Multifase
Untuk hasil report analisis pola XRD di atas KLIK DISINI (Google Drive)

Gambar 3. Hasil Analisis XRD untuk Sampel Fase Alpha-Fe2O3
Untuk hasil report analisis XRD di atas KLIK DISINI (Google Drive)
Gambar 4. Hasil Analisis XRD untuk Sampel TiO2 Fase Anatase
Untuk hasil report analisis XRD di atas KLIK DISINI (Google Drive)

Pemodelan Struktur Kristal yang Telah Dihasilkan

Berikut adalah contoh hasil pemodelan struktur kristal yang kami hasilkan:
Gambar 5. Pemodelan Struktur Kristal Alpha-Fe2O3 (Hematite)
Gambar 6. Pemodelan Struktur Kristal TiO2 (Titanium Oksida)

Pesan Jasa Analisis Data XRD
082349244339 (WhatsApp)


Untuk proses pembayaran jasa analisis XRD ini, kami menerima pembayaran melalui proses transfer bank BNI dan BRI. Jika sudah ada kesepakatan soal harga antara pemberi jasa dan klien, maka pembayaran dilakukan bersamaan degan pengiriman data XRD yang akan dianalisis.

Pemesanan ini pun bukan hanya berlaku di daerah Jambi saja, kami juga melayani wilayah di luar Jambi seperti Batang Hari, Bungo, Kerinci, Merangin, Muaro Jambi, Sarolangun, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Tebo, dan Sungaipenuh. Yang pastinya kami melayani seluruh pemesanan di Provinsi Aceh.

Jika ada kesalahan atau hasil analisis berbeda dari yang diharapkan, kami menerima revisi sebanyak 2 kali secara gratis. Pengiriman hasil analisis data XRD nantinya bisa melalui jasa pengiriman (hard file) ataupun email (soft file). Jadi, buat kalian yang butuh Jasa Analisis Data XRD di Jambi, silahkan langsung menghubungi kotak yang tertera di atas terima kasih.

Click to comment